Yang Tersisa Dari Perjalanan Observasi Lapangan Diklatpim IV Tahun 2012

Standar

Kegiatan Observasi Lapangan merupakan salah satu kurikulum Diklatpim Tingkat IV yang merupakan bagian integral dari penyelenggaraan Diklat tersebut. Pada pelaksanaan Diklat PIM IV Kota Padang Panjang Tahun 2012, Observasi Lapangan dilaksanakan pada tanggal 21 s/d 25 Mei  2012 dengan Lokus kegiatan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pertimbangan untuk memilih Kabupaten Bogor sebagai tempat tujuan Observasi Lapangan antara lain karena Pemerintah Kabupaten Bogor termasuk 10 besar dalam Penilaian Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) pada Tahun 2011 sehingga diharapkan dengan kunjungan Observasi Lapangan ini ada kontribusi ide, pemikiran dan kreatifitas baru yang positif yang didapatkan peserta di Pemkab Bogor untuk di aplikasikan di Padang Panjang,  disamping itu pada kesempatan ini juga dilakukan studi komparatif dan pengujian atas teori yang didapat peserta Diklat di Lokus penelitian.

Pada kegiatan Observasi Lapangan ini, Rombongan dipimpin oleh Kepala BKD Kota Padang Panjang Mufrida, SH serta didampingi oleh Tim dari Bidang Diklat BKD. Sedangkan untuk Penelitian, peserta dibimbing oleh 2 orang Widyaiswara dari Bandiklat Prov Sumbar yaitu Drs Erwin Jamal dan Ir Fauzi Dahlan. Rombongan ini diawali dengan pengiriman Team Advance yang terdiri dari Kabid Diklat beserta PPTK untuk mengurus segala keperluan terkait pelaksanaan OL di Kab Bogor sekaligus  mengkomunikasikan segala kebutuhan dengan pihak Pemerintah Kabupaten Bogor dan Lokus yang akan dituju.

Rombongan OL berangkat pada Minggu 20 Mei 2012 dari Wisma Pangeran sehabis shalat subuh mengingat Pesawat Lion Air yang akan membawa rombongan ke tanah Jawa  dijadwalkan take off dari Bandara BIM sekitar jam 8.00 WIB. Sesuai jadwal, rombongan mendarat di Bandara Soekarno Hatta sekitar jam 10.00. sebelum meluncur ke Kota Bogor sebagai home base, rombongan refreshing sejenak di Kawasan Objek Wisata Ancol sambil menunggu jadwal makan siang. Sehabis Shalat Zuhur baru rombongan meluncur ke Kota Bogor dengan Bis Pariwisata yang telah dipersiapkan .

Sibuk ngecek bagasi masing-masing

Refreshing sejenak di Ancol

Perjalanan Jakarta- Bogor menjadi pelampiasan kejenuhan peserta atas jadwal Diklat yang padat di Padang Panjang. Perjalanan  + 1 jam tersebut diisi dengan acara nyanyi dan berkaraoke diatas bis. Mereka yang merasa punya suara pantas untuk dibagi plus pede yang lumayan tinggi tidak sungkan-sungkan untuk membawakan lagu-lagu yang kebetulan didominasi tembang-tembang jadul. Barangkali pak sopirnya tidak punya koleksi tembang anyar atau memang justru lagu-lagu lawas itu yang memang enak didengar untuk karaokean.  Namanya acara karaoke dadakan, tampilannya jadi berwarna sekali, ada yang suaranya  memang enak didengar dan lumayan merdu, namun ada yang rada-rada fals namun tetap pede atau terpaksa tampil karena didaulat oleh Ketua kelas yang secara hari itu “menguasai” mike, ada  juga yang tampil namun sebenarnya akan lebih baik jadi pendengar dari pada memperdengarkan suaranya (he..he..Just kidding…!).

Acara menjadi makin meriah dengan tingkah polah Pak Deslirizaldi yang dengan semangat 45 berjoget dilorong bus seperti orang trance or lost control maybe..he..he.. sambil jepret sana jepret sini dengan Pocket Cameranya. Sampai hari terakhir Bapak yang satu ini tetap sibuk dengan aktifitas jepret-jepretnya tersebut. Namun, secara keseluruhan acara karaokean di dominasi oleh Ketua Kelas yang akrab di panggil Pak Oyon. Beliau memang sudah terbiasa tampil di acara pesta kawinan dan acara lainnya diringi orgen tunggal beliau, disamping beliau punya suara yang lumayan oke plus pede diatas rata-rata dan berpembawaan santai serta gampang mencairkan suasana. Saluut buat ketua kelas….!!

Pak Oyon

OTW to Bogor

Acara karaokean ternyata memang cukup ampuh men charge peserta menjadi lebih fresh, begitu bis memasuki halaman parkiran hotel, wajah-wajah peserta terlihat bersemangat, apalagi melihat home basenya,  Hotel Amaris terlihat mentereng.  “ Wah…hotelnya mantap nih”  begitu komentar peserta melihat kondisi hotelnya. Memang Hotel Amaris yang terletak diseberang Kebun Raya dan menjadi posko rombongan selama 4 hari di Bogor   merupakan hotel yang relatif baru dibuka. Hari pertama di Kota Bogor hanya diisi dengan kegiatan santai sambil melepas penat perjalanan dari Padang Panjang. Sehabis makan malam sebagian peserta menyempatkan diri untuk berkunjung  ke Mall Botani Square yang lokasinya tak jauh dari hotel.  Ada yang mencari makanan ringan untuk bekal mengantisipasi lembur menyiapkan bahan peresentasi OL nantinya, ada juga yang sekedar  Windows Shopping.

Home Base

Dirla lagi rehat sejenak di teras hotel..plus sebatang rokok !

Agenda utama perjalanan OL ini baru dimulai esoknya Senin, setelah sarapan pagi Pimpinan Rombongan Ibu Mufrida, SH segera mengumpulkan seluruh peserta di halaman hotel sekaligus memberi briefing singkat demi kelancaran proses kunjungan dan pengumpulan  data di  lokus nantinya. Jam 8.00 teng…rombongan meluncur ke Kantor Bupati Bogor di  Cibinong. Di Aula Sekreriat Daerah yang berlokasi di komplek Kantor Bupati, Rombongan OL Diklatpim IV Kota Padang Panjang diterima oleh Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kab Bogor Ibu Hj. Aty Guniarwaty mewakili Pemerintah Kabupaten Bogor. Pada acara penyambutan rombongan ini  turut hadir perwakilan dari lokus yang akan dituju yaitu dari Dinas Pendidikan, Kelurahan  Pabuaran dan SMKN I Bojong Gede. Pertemuan yang memang telah dipersiapkan dan dikoordinasikan antara pihak BKPP Kab. Bogor dengan Tim Advance dari Padang Panjang  ini berjalan lancar. Kedua pihak  melalui pimpinan rombongan dan Kepala BKPP saling mengekspos profil daerah masing-masing diiringi sambutan  bla…bla…bla… thanks for coming...bla..bla…etc

Briefing dari Ketua Rombongan dan Pembimbing

Acara Penyambutan Rombongan oleh BKPP Kabupaten Bogor

Selesai acara seremonial penyambutan rombongan OL , peserta langsung bergerak ke lokus masing-masing menurut kelompok yang telah ditentukan. Kelompok I ke SMKN I Bojong Gede dengan fokus penelitian tentang Pengelolaan  dan Penyusunan Laporan Keuangan, kelompok II ke Kelurahan Pabuaran dengan fokus   Upaya Peningkatan Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan dan kelompok III ke Dinas Pendidikan dengan sasaran penelitian tentang Optimalisasi Pengadaan Sarana dan Prasarana Tingkat SMP. Kunjungan ke lokus adalah untuk memperdalam penggalian data awal yang sudah didapat sebelumnya melalui kuisioner  yang dibawa Tim pendahulu (Advance), disamping  melakukan audiensi dengan pihak yang berkompeten di lokus penelitian.

Masing-masing kelompok tersebut didampingi oleh seorang petugas dari BKD Kota Padang Panjang. Penulis kebetulan mendampingi kelompok I ke SMKN I Bojong Gede yang lokasinya paling jauh. Namun perjalanan ke Bojong Gede menjadi lancar lantaran dalam Kelompok I juga ikut Ibu Dewi Staf Tata Usaha SMKN I Bojong Gede yang geulis pisan sebagai pemandu jalan. Acara pengumpulan data dan wawancara hari pertama berjalan lancar dan dalam suasana yang santai dan akrab. Barangkali pihak lokus senang juga dikunjungi pejabat-pejabat eselon IV  yang antusias dari tanah seberang ini.

Dialog dengan Pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor

Berpose dengan Perangkat Kelurahan Pabuaran

Hari-hari berikutnya sesudah pengumpulan data merupakan hari-hari kerja keras bagi peserta ,  waktu mereka habis dengan mengolahan data, analisa, diskusi adu argumentasi sesama mereka untuk dapat merumuskan bahan  presentasi mereka. Tidak ada lagi yang terlihat santai, semuanya sesuai kemampuan dan kapasitasnya terlibat dalam penyusunan materi .  Suasana kamar yang dijadikan posko kelompok menjadi  berantakan, bahkan springbed mesti disingkirkan dan menjadikan dipan sebagai meja kerja, puntung rokok semakin banyak diproduksi bapak-bapak yang ahli hisap, stok makanan ringan satu persatu dikeluarkan, sementara di dinding kamar tayangan slide hasil kerja dari infocus ditampilkan nonstop. Diketik…ditampilkan..dibahas..dikoreksi…ditampilkan lagi begitu berulang-ulang untuk mendapatkan  isi, format dan redaksi terbaik dari setiap Slide.  Sementara wajah-wajah lelah terus berusaha bertahan, berdiskusi,  memberi saran, adu argumen dan bercanda tentunya.

Bagi Panitia Pendamping kondisinya menjadi terbalik, hari-hari  dimana peserta berkutat dengan pekerjaan berat tersebut bagi panitia justru menjadi momen yang santai, rehat sejenak  dan bisa menikmati suasana kota Bogor yang ternyata tidak sesejuk yang diperkirakan. By the way..Ternyata Kota yang berjulukan Kota Hujan ini sekarang juga memiliki julukan baru yaitu “Kota Sejuta Angkot”. Kenyataan memang menunjukan begitu banyak angkutan kota kita temui di kota kecil tersebut. Barangkali itu sebabnya Kota yang konon dulu berhawa sejuk dan sempat jadi kota peristirahatan meneer-meneer Belanda tempo doeloe  itu sekarang menjadi agak panas dan bikin gerah. Pada momen yang agak santai  ini, Panitia hanya memantau aktifitas peserta, memastikan agenda terus berjalan dan kebutuhan makan minum dan penunjang lainnya terpenuhi. Serta persiapan untuk acara puncak yaitu presentasi dan diskusi berjalan lancar. Well…so far everything is runnning well guys…!!

Suasana di posko kelompok

Akhirnya, hasil kerja keras peserta selama 2 hari tiba saatnya untuk dipresentasikan . sesuai jadwal  yang disepakati Seminar Observasi Lapangan dilaksanakan Rabu sore mulai jam 16.00 setelah paginya diawali dengan Pra Seminar bersama WI Pembimbing. Bertempat di Meeting Room Hotel Amaris agenda Seminar Observasi Lapangan tersebut berjalan lancar dan tentunya dihadiri oleh utusan dari lokus yang menjadi objek. Termasuk si neng geulis dari SMKN Bojong Gede J.. Satu persatu kelompok memaparkan hasil kerja mereka dengan semangat 45  dan style yang bermacam-macam dari presenter kelompok. Tanggapan dari  pihak lokus juga cukup baik dan nyambung, intinya lokus sangat  mengapresiasi secara positif ide, masukan, solusi atas masalah yang ditemukan kelompok pada unit kerja mereka dan mereka berharap hasil kerja  kawan-kawan dari Padang Panjang itu bisa menjadi jembatan bagi mereka untuk perbaikan ke pihak yang berwenang dimasa akan datang.  Acara Seminar Observasi lapangan yang berlangsung + 3 jam dan berjalan dalam suasana akrab tersebut akhirnya ditutup oleh Utusan Dinas Pendidikan mewakili Pemerintah Kabupaten Bogor. Tidak lupa beliau menyampakan apresiasi dan terimasih yang mendalam atas kunjungan Peserta Diklatpim IV dari Padang Panjang ini.

Seminar…!!

Perwakilan Lokus

Boyband lagi konpers..he..he..

Plooong…lega…itulah perasaaan kami semua begitu acara seminar ditutup.. kelegaan pastinya sangat dirasakan peserta yang sudah berkutat  selama 2 hari 2 malam dengan begitu banyak kerja yang mesti diselesaikan.  Kelegaan juga kami rasakan dari panitia, karena perjalanan Observasi Lapangan yang menguras duit negara ini dan kami kawal dari awal berjalan lancar dan berujung sukses dengan hasil yang bisa dipertanggungjawabkan. Terima Kasih Kawan-kawan peserta Diklatpim IV Kota Padang Panjang Tahun 2012 atas kerja keras dan keseriusan anda semua…We proud of you all…!!

Wajah-wajah lega seusai seminar..plooong..!

Alhamdulillah ya Allah…akhirnya selesai !

Sisa waktu satu malam di Bogor, benar-benar kami nikmati dengan perasaan santai, ringan..pokoknya enjoy. Sebagian peserta kembali  menghabiskan malam dengan jalan-jalan ke Botani Square, tapi kebanyakan memilih tetap dikamar, barangkali menebus jam istirahat yang telah banyak tersita oleh pekerjaan 2 hari terakhir. Esoknya, sehabis sarapan pagi seluruh rombongan Chek Out menuju Jakarta, Perjalanan di pagi yang cerah itu terasa sangat bersemangat, penuh keceriaan..maklum beban berat sudah terangkat tuntas..tas..!!. Kembali Bis diramaikan acara karaokean yang tetap di dominasi ketua kelas..by the way Ibu Kepala BKD dan Kabid Diklat yang juga selaku Dirla juga diminta menyumbang suara  lho. Yah…semacam konsekwensi  atau resiko jabatan gitulah..he..he. Khan katanya kalau sudah eselon III ke atas harus bisa bernyanyi di muka umum, minimal berkaraoke. (Hmm..menyanyi di muka publik..sesuatu yang tak pernah dan terbayang untuk saya lakukan…mending disuruh lari ngitari lapangan bola dari pada disuruh nyanyi…he..he.. (www.taukemampuandiri.com )

Satu hari tersisa dalam agenda Observasi Lapang dihabiskan di Jakarta, disamping untuk cooling down, mencari suasana lain setelah 4 hari yang full tugas di Bogor, sebenarnya agenda di Jakarta lebih ke acara “menguras” isi dompet. Bagaimana tidak, Destinasi pertama dari Bogor adalah ITC Cempaka Mas, puas mutar-mutar Cempaka Mas lanjut ke ITC Mangga Dua.. Dua-duanya sangat potensial menguras isi kantong kita kalau tidak tahan godaan..yah namanya juga dikasih uang saku, akan lebih bijak jika dibelanjakan bukan he..he…

Malamnya rombongan menginap di Hotel Alia Pasar Baru, Jakarta Pusat  yang lagi-lagi dekat dengan Pusat Belanja. Penasaran dengan cerita, konon  di Pasar Baru yang digerbangnya tertulis passer baroe  ini tersedia berbagai macam jenis barang mulai kualitas no 1 sampai no 13 dengan harga miring, akhirnya tanpa dikomando, hampir seluruh anggota rombongan malam itu turun ke jalan, bukan mau demo  tapi  dalam rangka (lagi-lagi) menipiskan isi dompet (memang tempat belanja di pasar baru itu terletak di sepanjang jalan) J J. Tidak heran, esoknya ketika Chek Out dari Hotel bersiap ke Bandara Soekarno Hatta, barang bawaan menjadi dua kali lipat..bahkan banyak bapak-bapak yang terpaksa membeli tas ekstra untuk menampung apa yang  mereka sebut “pembuka pintu” alias oleh-oleh.  Bukan main nih bapak-bapak..sayang anak, sayang istri.

Jumat, 25 Mei 2012 hari terakhir rombongan OL Diklatpim IV Kota Padang panjang Tahun 2012 di Tanah Jawa. Sesuai rencana jam 16.00 WIB Pesawat Garuda yang membawa rombongan take off menuju Ranah Minang nan denai cinto. Tuntaslah salah satu agenda penting dalam rangkaian Penyelenggaraan Diklatpim IV ini. Perjalanan yang cukup melelahkan namun sangat menyenangkan dan tentunya bermanfaat bagi kami sebagai aparatur negara dalam rangka peningkatan kompetensi diri dalam menjalankan tugas dimasa datang. Semoga.

JANUARDI, SS, M.Si

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s