30 Pejabat Struktural Eselon IV mengikuti Diklatpim Tingkat IV Tahun 2012

Standar

Peserta Diklatpim Tk.IV Kota Padang Panjang tahun 2012

Pemerintah Kota Padang Panjang bekerja sama dengan Badan Diklat Propinsi Sumatera Barat pada Tahun Anggaran 2012 telah menyelenggarakan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV  bagi Pejabat Struktural Eselon IV  dilingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang pada tanggal 18 April s/d 2 Juni 2012 bertempat di Wisma Pangeran Padang Panjang.

Diklat Kepemimpinan Tingkat IV merupakan Diklat diperuntukan bagi PNS yang akan menduduki/sudah menduduki jabatan eselon IV agar mampu menjadi sosok aparatur  yang mempunyai kompetensi kepemimpinan yang memadai, memiliki sikap dan perilaku loyal dan taat pada  Negara, bermoral dan bermental baik, professional, sadar akan tanggung jawabnya sebagai pelayan publik serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa dalam kerangka penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Untuk untuk pencapaian kompetensi dan kondisi tersebut maka perlu dilaksanakan pembinaan melalui Diklat salah satunya Diklatpim IV tersebut. Secara terperinci Diklatpim Tk IV bertujuan untuk

  1. Meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatan struktural Eselon IV secara professional dengan dilandasi kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan kebutuhan organisasi.
  2.  Menciptakan apatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.
  3. Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan pengayoman dan pemberdayaan masyarakat.
  4. Menciptakan kesamaan Visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik.

Adapun sasaran dari pelaksanaan Diklatpim Tk.IV adalah terwujudnya Pegawai Negeri Sipil yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan Jabatan Struktural Eselon IV yang harus dimiliki agar dapat memenuhi standar kompetensi pejabat setingkat Eselon IV tersebut, antara lain :

  1. Menjelaskan kedudukan, tugas fungsi organisasi Instansi dalam hubungannya dengan Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia.
  2. Menerapkan konsep dan teknik pengorganisasian dan koordinasi dengan benar, baik dalam hubungan internal maupun eksternal.
  3. Mengoperasionalkan system dan prosedur kerja yang berkaitan dengan pelaksanaan kebijakan dan tugas instansi.
  4. Melaksanakan prinsip-prinsip good governance dalam manajemen pemerintahan dan pembangunan.
  5. Melaksanakan kebijakan pelayanan prima.
  6. Mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan kewenangan dan prosedur yangberlaku di unit kerjanya.
  7. Membangun kerjasama dengan unit-unit terkait, baik dalam organisasi maupun diluar organisasi untuk meningkatkan kinerja unit organisasinya.
  8. Menerapkan teknik pengelolaan, penyampaian informasi dan pelaporan yang efektif dan efisien.
  9. Memotivasi SDM dan atau peran serta masyarakat guna meningkatkan produktivitas kerja.
  10. Mendayagunakan kemanfaatan sumber daya pembangunan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.
  11. Memberikan masukan bagi perbaikan dan pengembangan kegiatan kepada atasan.

Pada pelaksanaan Diklatpim Tk.IV  Kota Padang Panjang Tahun 2012 mengambil tema :

“MELALUI DIKLATPIM TK.IV KITA TINGKATKAN KOMPETENSI

APARATUR DALAM PELAKSANAAN PELAYANAN PRIMA DAN

AKUNTABILITAS KERJA GUNA MEWUJUDKAN

KEPEMERINTAHAN YANG BAIK”

Tema tersebut merupakan esktraksi dari keseluruhan maksud, tujuan dan sasaran dari pelaksanaan Diklatpim IV sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Pemerintah No 101 Tahun 2001 Tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai negeri Sipil  dan Surat Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 541/XIII/10/6/2001 tanggal 10 Agustus 2001 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV.

Penyelenggaraan Diklatpim Tk.IV Kota Padang Panjang Tahun 2012 dimulai pada tanggal 18 April 2012 yang dibuka oleh Wakil Walikota Padang Panjang Edwin, SP yang dihadiri juga oleh beberapa Kepala SKPD, Kepala Badan Diklat Propinsi Sumatera Barat yang bertempat di Aula Wisma Pangeran Padang Panjang. Dalam sambutannya Walikota Padang Panjang melalui Wakil Walikota  menekankan kepada Peserta Diklatpim IV Kota Padang Tahun 2012 untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan mengikuti Diklat Kepemimpinan tersebut dalam rangka peningkatan kompetensi dan pengembangan  diri untuk menunjang tugas-tugas kepemerintahan. Walikota menyampaikan bahwa mereka yang terpilih untuk mengikuti Diklatpim merupakan aparatur-aparatur yang dipandang cakap dan punya potensi untuk dikembangkan dimasa depan.

Wakil Walikota menyampaikan sambutan sekaligus membuka Diklatpim Tk IV Tahun 2012

Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV  bagi Pejabat Struktural Eselon IV  dilingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang sebanyak 30 orang yang keseluruhannya merupakan PNS yang sedang menduduki Jabatan Struktural Eselon IV yang berasal dari beberapa SKPD dilingkungan pemerintah Kota Padang Panjang termasuk Kasi di kelurahan. Alokasi peserta sebanyak 30 orang tersebut tentunya dengan pertimbangan kemampuan keuangan daerah untuk melaksanakan Diklat yang tergolong panjang dan membutuhkan biaya yang cukup besar.

Diklat Kepemimpinan Tingkat IV  bagi Pejabat Struktural Eselon IV  dilingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang diputuskan untuk dilaksanakan di Wisma Pangeran, Jl KH Ahmad Dahlan No 07. Pemilihan tempat ini merupakan langkah maju pelayanan BKD untuk kesempurnaan penyelenggaraan diklat terutama dari aspek sarana prasarana. Pada tahun-tahun sebelumnya, mengingat ketersediaan anggaran, Diklat formal dan Struktural dilaksanakan di Komplek Secata B Kota Padang Panjang yang dari segi fisik termasuk sarana prasarana penunjang kurang memenuhi syarat. Namun dengan ketersediaan anggaran yang memadai pada tahun 2012 ini, Diklat Kepemimpinan Tingkat IV  bagi Pejabat Struktural Eselon IV  dilingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang bisa dilaksanakan di Wisma Pangeran, sehingga peserta bisa merasa nyaman dinapkan dan  mengikuti proses pendidikan di Wisma yang asri dan memiliki fasilitas yang cukup lengkap tersebut. Disamping itu, yang istimewa di Wisma Pangeran sejauh ini adalah masakan menu khas Padang Panjang yang enak dan pas di lidah.

“ Alhamdulillah, kita bisa Diklat ditempat yang nyaman, sekaligus perbaikan gizi nih” begitu rata-rata komentar peserta pada saat pendaftaran

Pelaksanaan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV  bagi Pejabat Struktural Eselon IV  dilingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang diawali dengan materi Kajian Sikap Prilaku yang didalamnya terdiri dari Materi Kepemimpinan Alam Terbuka, Kecerdasan Emosional, Pengenalan dan pengukuran Potensi Diri,  untuk materi ini disampaikan oleh Tim Outbond dari Kota Padang Panjang dengan Instruktur Drs Decky Dwi Utomo dengan bentuk gabungan ceramah dalam kelas dan Outbond. Outbond itu snediri dilaksanakan di Komplek Balai Benih Ikan, Kelurahan Ekor Lubuk Padang Panjang. Pemilihan Materi Sikap Prilaku termasuk Outbond diawal diklat ini sangat bagus untuk lebih menyatukan sesama peserta sekaligus refreshing sebelum masuk materi-materi pokok.

Outbound…

Secara umum penyelenggaraan  Diklat Kepemimpinan Tingkat IV  bagi Pejabat Struktural Eselon IV  dilingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang   yang diselenggarakan dengan pola  Fasilitasi bekerjasama dengan Badan Diklat propinsi Sumatera Barat ini berjalan relatif lancar. Dari sisi kehadiran Widyaiswara dari Badan Diklat, rata–rata mereka tepat waktu sesuai jadwal yang  telah ditentukan. Begitu juga dari sisi peserta, tingkat kedisiplinan mematuhi jadwal, aturan diklat dan komitmen belajar cukup baik. Hal ini tentunya tidak terlepas dari peran dan kerjasama yang baik dari pengurus kelas yang diketuai oleh Jondrizal, S.Sos, M.Si dengan Wakil Fandhy Ramadhona, S.IP dan Zulmar sebagai Keamanan Kelas.

Ketua Kelas dan Wakil

Memang selama proses belajar ditemui bermacam kondisi peserta yang menjadi warna warni diklat ini,  ada yang antusias dan semangat terutama yang masih fresh seperti Harry Rizka, Fhandy, Didi, Buya Fahmi dan Buya Zamri. ada yang selalu serius bin fokus namun kelihatannya tidak terlalu paham dengan apa yang disampaikan he..he.. just kidding !!. Selain itu ada juga yang mengantuk, ada yang  kelihatan suntuk dengan wajah sedikit cemas (barangkali mambayangkan membuat KKP yang mesti tuntas ya pak..namun apa daya tak bisa komputer J , atau jangan-jangan si  bapak homesick nih..ingat anak, atau emaknya anak-anak J),   ada juga yang  mendapat gangguan kesehatan ringan, barangkali karena pola makan yang didominasi menu daging dan gorengan nih.. Khusus gangguan kesehatan ini… kalau dibiarkan bisa-bisa satu persatu peserta bisa tumbang nih, panitia mesti mutar otak nih…snack gorengan mesti diganti juice buah..biar peserta lebih fresh dan adem.. dan  Olah Raga mesti diperbanyak.

Young Guns

ngantuk..boring..suntuk…cemas…galau…campur aduk

Peserta Diklatpim memang dituntut untuk memiliki kesehatan yang prima mengingat beban yang mesti diterima selama diklat ini. Oleh sebab itu calon peserta mesti memiliki Surat Keterangan Kesehatan dari dokter yang berwenang sebelum mengikuti Diklat. Sudah bukan rahasia lagi agenda Diklatpim termasuk Diklatpim IV sangat padat. Disatu sisi peserta mesti mengikuti materi-materi pokok dari pagi sampai sore dengan pola bahas…diskusikan…presentasikan….bahas..diskusikan…dan presentasikan,  hampir semua materi berpola seperti itu.   Disisi lain setiap peserta diberi kewajiban menyusun Kertas kerja Perorangan (KKP) yang terkait dengan tupoksi masing-masing. Bagi mereka yang tidak terbiasa atau sudah lama tidak menulis dalam kaidah akademik  bisa pusing tujuh keliling juga menyusun KKP tersebut… Apalagi kalau diperparah dengan ketidakmampuan mengoperasikan komputer dan buta internet…alamaaak bakalan peeeniiiing sekali mereka, Gimana tak pening kawan… mau minta tolong sama siapa, kawan-kawan yang lain juga berpacu dengan waktu dan pusing memenej waktu. Syukur-syukur kalau ada yang bermurah hati membantu.

Kemudian secara berjenjang individu peserta digabung kedalam kelompok untuk membuat Kertas kerja Kelompok (KKK), disini persoalannya lain lagi, setiap peserta mesti menunjukan kerjasama yang baik, toleransi yang tinggi dengan menekan ego pribadi demi keberhasilan kelompok. Disini peserta dituntut mampu mengelola sikap, kesabaran demi mengakomodir masukan dari anggota lain. Mereka yang egois, suka memaksakan kehendak, mau menang sendiri, akan tersisih disini.  Persoalan ini juga akan ditemui dalam lingkup yang lebih besar ketika seluruh peserta diwajibkan menyusun Kertas Kerja Angkatan (KKA). Disini kerjasama mesti ditingkatkan, toleransi diperluas.

Diskusi…presentasi…

Edit lagi…edit lagi… editor in action !

Sebenarnya kondisi ini merupakan bagian dari pembelajaran kepemimpinan itu sendiri, bagaimana seseorang pemimpin mampu menjalankan tugas pokok dan fungsinya dalam segala keterbatasan yang ada dan terkadang dikejar  deadline yang semakin dekat, Disisi lain seorang pemimpin mesti mampu bekerjasama dengan berbagai kalangan dengan mengedepankan toleransi dan mampu mengakomodir berbagai pihak untuk mencapai tujuan.

Terkait  jadwal Diklat yang padat tersebut diatas, peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV  bagi Pejabat Struktural Eselon IV  dilingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang  kelihatannya terlihat santai hanya pada minggu pertama. Hari-hari pertama mereka terlihat lebih banyak menghabiskan waktu di Lobby Wisma yang sekaligus menjadi ruang makan sambil ngobrol atau nonton TV. Maklumlah penyesuaian dengan lingkungan dan rekan seangkatan, pokoknya suasana cair ditingkahi gelak tawa dengan ekspresi wajah tanpa beban (he..he belum tau dia, beberapa hari kedepan setumpuk tugas sudah menghadang). Kondisi ini mulai berubah memasuki minggu kedua dan seterusnya, ketika materi inti sudah mulai masuk, penyusunan KKP dan KKK sudah mulai di wanti-wanti pembimbing, mulai deh wajah-wajah rada stress bermunculan, durasi acara nonton TV dan ngobrol sesudah makan malam menjadi singkat, kebanyakan peserta sehabis makan malam langsung masuk kamar-masing (bukan kamar tetangga lho…), nggak tau apakah menyiapkan bahan untuk presentasi atau mencicil tugas KKP atau malah langsung tidur kecapekan.

Untuk lebih mengoptimalkan kondisi belajar dan kedisiplinan peserta selama Diklat, Panitia menyediakan perangkat petugas penunjang untuk tujuan tersebut, yaitu petugas Pengamat Perkuliahan yang secara berganti-ganti yang bertugas mendampingi Widyaiswara, menjamin kelancaran proses belajar dan memantau dan menilai sikap prilaku peserta selama belajar serta membuat laporan atas pelaksanaan proses belajar setiap hari.  Petugas Piket Sekretariat membantu memfasilitasi kebutuhan peserta dan widyaiswara setiap hari, sedangkan untuk malam hari Petugas Piket Malam bertugas untuk memantau dan mengecek kehadiran peserta disamping membantu tugas pengamanan di lokasi diklat. Walaupun mereka yang ditugaskan untuk piket dari kelompok Staf di BKD yang rata-rata masih sangat junior, namun keberadaan mereka sangat dihargai oleh peserta Diklat.

Disamping penyediaan petugas penunjang diatas, panitia juga di bantu oleh Instruktur Mental Fisik Disiplin (MFD) yaitu Sdr.  Brigadir Dedy Kurnia Putra, SE dari Kesatuan Brimob Kota Padang Panjang.  Instruktur ini sangat membantu dalam pelaksanaan Apel Pagi, Olahraga dan Latihan Baris Berbaris  bagi peserta yang termasuk dalam materi MFD. Alhamdulillah, dengan berbagai upaya diatas  pelaksanaan Diklatpim Tk IV  Kota Padang Panjang  2012 berjalan lancar sesuai rencana termasuk tahapan Observasi Lapangan ke Kabupaten Bogor, penyusunan  Kertas Kerja Perorangan, Kertas kerja kelompok dan Kertas Kerja Angkatan.

Akhirnya Sabtu 2 Juni 2012 menjadi  penghujung dari keseluruhan rangkaian Diklat Kepemimpinan Tingkat IV  bagi Pejabat Struktural Eselon IV  dilingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang yang telah dimulai sejak  18 April 2012. Diklat ini secara resmi ditutup oleh  Wakil Walikota Padang Panjang bertempat di Aula DPPKAD Kota Padang Panjang. Pada kesempatan tersebut sekaligus disampaikan peringkat peserta pada Diklatpim IV. Tampil sebagai peringkat pertama yaitu Munadi Ahmadi, ST, M.Sc, M.Eng. dengan predikat sangat memuaskan. Jebolan S2 Perencanaan Wilayah dari Belanda dari awal diklat memang sudah menunjukan kualitasnya.

Banyak kisah dan hikmah yang terangkum dalam rangkaian kegiatan Diklatpim IV  ini yang menjadi pelajaran hidup kita dimasa datang,  banyak silaturahmi yang tersambung banyak juga silaturahmi yang makin kokoh diantara semua yang terlibat dalam kegiatan ini.

Kompak…!

Melalui tulisan ini, kepada seluruh peserta Diklat kami berharap kepercayaan pimpinan menugaskan anda mengikuti Diklat, keikhlasan keluarga melepas anda menjalani pendidikan sebulan lebih benar-benar memberi manfaat yang positif bagi anda sebagai individu, terutama sebagai aparatur negara dalam mendukung tugas kepemerintahan, Disamping itu kami mohon maaf jika penyelenggaraan Diklat ini masih jauh dari kesempurnaan.. Kepada Pihak yang telah membantu pelaksanaan, para Widyaiswara yang dengan ikhlas membagi ilmu kepada semua peserta, rekan-rekan di BKD Kota Padang Panjang, baik sebagai Pengamat Perkuliahan, Petugas Piket, Staf Adminstrasi dan Keuangan kami mengucapkan apresiasi dan terimakasih yang sebesar-besarnya. Tidak lupa apresiasi kepada Badan Diklat Propinsi, Terima Kasih untuk kerjasamanya. Penghargaan untuk Pihak Wisma pangeran for Excellent Service nya. Semoga semua yang  kita lakukan demi terselenggaranya Diklatpim Tk IV ini memiliki nilai ibadah dimata Allah SWT, Amin..!

Ditulis oleh : JANUARDI, SS, M.Si (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Diklatpim Tk.IV Tahun 2012)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s