Ada Penyegaran Personil di BKD Kota Padang Panjang

Standar

Syolvani, S.Kom, MT dan Yosivan, SH

Selasa, 3 Juli 2012 akhirnya penantian seluruh PNS bahkan mungkin masyarakat Kota Padang Panjang atas kabar penyegaran “kabinet”  Walikota Suir Syam  di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang yang sudah beredar sejak awal tahun Tahun 2012 akhirnya terjawab sudah. Agenda yang selalu ditunggu-tunggu ini sebenarnya hal yang lumrah dalam suatu organisasi, apalagi pada Pemerintah Kota.  Mutasi dan Promosi sebenarnya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan organisasi akan personil-personil yang cakap dan mempunyai kompetensi yang memadai dalam rangka memenuhi tugas pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat.

Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Struktural Eselon II, III, IV dan V di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang dilaksanakan pada tanggal 3 Juli 2012 bertempat di Hall Lantai III Balaikota Padang Panjang. Pada kesempatan tersebut Walikota Padang Panjang dr. Suir Syam. M.Kes, M.MR melantik sebanyak 99 orang Pejabat Struktural di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang.  Agenda pelantikan periode ini, terasa menarik karena disamping sudah lama ditunggu-tunggu, juga menjadi catatan penting karena beberapa orang pejabat mendapat promosi, baik dari Staf ke Esselon IV/b, Eselon IV ke III, Eselon III ke Eselon II. Khusus untuk promosi eselon II, sepertinya ini momen lanjutan diorbitkannya Tenaga Muda Potensial menduduki jabatan strategis di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang.  Pada periode pelantikan sebelum-sebelumnya 3 orang aparatur muda promosi ke eselon II, yaitu Rusdianto, SP, MM diangkat menjadi Kepala BPBD kemudian dipercayakan sebagai Kepala Bappeda,  Drs Reflis, M.TP dilantik sebagai Kepala Dinas Koperasi, UMKM Perindag, Terakhir pakar Keuangan Daerah dari Padang Panjang Yudhi Fajar Kahayan S.Sos, M.Si diberi beban tugas memimpin “Depkeunya” Padang Panjang yaitu Dinas PPKAD.

Fenomena positif ini kembali berlanjut pada pelantikan periode 3 Juli ini, dimana 2 orang tenaga muda dipromosikan dari eselon III ke eselon II. Syaiful Bahri, S.P yang sebelumnya menjabat Kabid UMKM pada Dinas Koperasi UMKM Perindag dipercaya  memimpin Dinas Porbudpar menggantikan Dra.Ernawati Nasution, MM yang sekarang menjadi Staf Ahli. Masuknya Syaiful Bahri ke jajaran Dinas Porbudpar  merupakan comeback nya pejabat yang biasa di panggil ‘Pung’ ini ke Bidang Pariwisata. Beberapa tahun yang lalu, yang bersangkutan  cukup sukses sebagai Kasi Promosi dan Penyuluhan Pariwisata pada Kantor Parsenibud Kota Padang Panjang.  Satu lagi pejabat  muda yang melejit karirnya adalah Sony Budaya Putra, AP.M.Si yang promosi dari Kabag Umum Setdako menjadi Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Umum Setdako. Promosi duo “young guns”  ini cukup menyita perhatian dalam pelantikan periode ini.  Semoga ini adalah awal yang baik bagi regenerasi pejabat  struktural yang sehat di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang kedepan.

Khusus, untuk BKD Kota Padang Panjang sebanyak 7  orang personil dilantik untuk menduduki jabatan baru. Yang paling menarik  bagi kalangan BKD adalah dimutasinya Kabid Diklat Yosivan, SH yang akrab dipanggil Pak Oyong ke Dinas Catatan Sipil. Pejabat yang Low Profile dan perokok kelas berat ini dianggap sebagai “tonggak tuonya”  BKD.  Beliau sudah mengabdi di BKD selama 10 tahun semenjak kepindahan beliau dari Kabupaten Agam pada tahun 2002 lalu. Saking lamanya di BKD Pak Oyong sudah didentikan dengan BKD, ada BKD ada Pak Oyong, ada Pak Oyong pasti ada acara BKD🙂.  Bahkan secara berseloroh kawan-kawan di BKD memprediksi Pak Oyong bakalan tetap di SKPD  ini sampai pensiun.

“Kepala Badan boleh berganti, tapi yang namanya Yosivan, SH jangan diganti, bisa oyong (goyah) BKD  nanti “ demikian kira-kira seloroh kawan-kawan.

Ternyata, dengan pelantikan kali ini, rekor tidak tergeserkan Pak Oyong terpecahkan. Beliau dipercaya menduduki Jabatan Kabid Catatan Sipil pada Dinas Catatan Sipil Kota Padang Panjang. Kursi empuk pak Oyong akan digantikan oleh Yunengsih , S.Sos.  Selamat bekerja di medan pengabdian yang baru Pak Oyong, semoga sukses dan menjadi amal ibadah, dan semoga Sang Hyundai tua tetap setia menemani  dan bisa di upgrade dalam waktu dekat :-)…

Penyegaran di Bidang Dokumentasi dan Data Kepegawaian juga cukup menjadi perhatian karena Kabid beserta 2 orang Kasubid dimutasi ke Jabatan lain. Mutasi dengan paket lengkap ini mungkin belum pernah terjadi sebelumnya. Namun yang namanya kebutuhan organisasi apapun bisa terjadi. Syolvani, S.Kom, MT yang sebelumnya menduduki Jabatan Kabid Diklat Dokumentasi dan Data Pegawai dipercaya memegang jabatan Kabid Teknik Terminal dan Perparkiran.  Pasti gagah juga Bapak yang satu ini pakai Uniform Perhubungan yang terkenal itu ( Tapi model celananya nggak boleh melorot Da Sol, anak punk tidak diterima di Dinas Perhubungan… 🙂 Dua kasubid Bidang Dokumentasi lainnya, Marlis S.Sos, Kasubid Pengolahan Data dan Informasi Pegawai di mutasi ke Kasi Logistik di BPPD Kesbangpol, sedang kan Salmi Rusdiah, SH Kasubid Dokumentasi dan Arsip pegawai berpindah ruang ke Sekretariat BKD sebagai Kasubag Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan. Sedangkan dua Staf BKD yang promosi kali ini adalah Lola Olhana, SE, M.Si,   Fresh Graduate dari Magister Keuangan Daerah UGM ini dipercaya sebagai Kasubag Keuangan bagian Umum Setdako. Sementara mantan Ajudan Wakil Walikota Teddy Refianto, S.IP yang 3 bulan sebelumnya  bergabung dengan BKD promosi sebagai Kasi Tramtib Kelurahan Silaing Bawah.

Adapun pejabat baru yang bergabung ke BKD adalah Yunengsih S.Sos yang bertukar tempat dengan Bpk Yosivan. Sedangkan Posisi Syolvani sebagai Kabid Dokumentasi digantikan oleh Elmar Fitri, SE, MM yang sebelumnya menjabat Kabid Koperasi pada Dinas Koperasi UMKM Perindag. Kasubag Umum dan Kepegawaian yang sebelumnya diduduki Misnar S.Pd digantikan oleh Nelly.NH yang sebelumnya menjabat Kasubag Keuangan Dinas Pendidikan, sementara Ibu Misnar bergeser ke Jabatan Sub Bidang Dokumentasi dan Arsip Pegawai di Bidang Dokumentasi . Sementara jabatan Kasubid Diklat Formal dan Struktural yang kosong sejak akhir 2011 dipercayakan kepada Syafrijon, S.Sos. Semoga tugas peningkatan Kualitas Sumber Daya Aparatur Dilingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang, terutama urusan Izin Belajar dan Tugas belajar bagi PNS sukses diemban Pak Syafrijon.

Dua bidang lainya pada BKD yaitu Bidang Kespeg dan Bidang Mutasi dan Pengembangan tidak terkena gelombang mutasi pada periode ini, barangkali komposisi pejabat pada kedua bidang ini dinilai cukup solid sehingga belum perlu ada penyegaran. Apresiasi kita sampaikan untuk bidang Kespeg dan Mutasi., Untuk semua pejabat baru, Selamat bergabung di BKD Kota Padang Panjang, semoga kehadiran Bapak/Ibu di SKPD ini akan memberi kontribusi yang positif dalam rangka pencapaian Visi dan Misi BKD Kota Padang Panjang.

Ditulis oleh : JANUARDI,SS, M.Si 

4 responses »

  1. terimakasih posting nya…da…amat memberikan informasi….selamat buat pak oyong di posisi yang baru dan selamat juga buat ibu, pengganti pak oyong……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s